Tuesday, May 15, 2007

artikel : Tertawa Bikin Langsing, Berteman Panjang Umur

Inilah cara menurunkan berat badan dengan cara paling murah, mudah dan menyenangkan. Tertawa. Yup!
Mungkin tampaknya terlalu indah untuk menjadi nyata hanya dengan tertawa Anda (tanpa sadar) sudah membuang beberapa ons lemak tubuh. Namun menurut peneliti dari Vanderbilt University, Department of Medicine, tertawa membuat orang membakar kelebihan kalori. Tertawa, yang sudah dilakukan sejak kita bayi, merupakan 'obat ampuh' untuk berat badan berlebih. Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi stres, tertawa juga membuat jantung tetap sehat.
Tetapi poin penting bahwa tertawa membuat langsing sungguh menggoda. Lingkar pinggang mengecil hingga skinny jeans bisa terpakai lagi, sungguh tak bisa ditolak.
Menurut studi yang konon terbukti pada sejumlah respondennya, tertawa yang sungguh-sungguh tertawa (tanpa dibuat-buat) menyebabkan meningkatnya pengeluaran energi. Metodologi dan hasil studi diterbitkan di International Journal of Obesity (2007) 31, 131-137.

Sekali lagi para peneliti menegaskan bahwa tertawa yang dibuat-buat, misalnya menyeringai karena terpaksa demi menghormati kolega yang berusaha melucu saat jamuan makan siang, tak masuk hitungan. Sebaliknya, tertawa lepas atau spontan karena meyaksikan kejadian yang membuat geli dan tak dapat menahan tawa akan mendatangkan keuntungan ekstra pada kelebihan lemak tubuh.Tertawa spontan dan terbahak-bahak membuat pembakaran kalori dipercepat. Dibanding saat kondisi istirahat, dengan tertawa spontan kita membakar 10-20% energi lebih banyak dan denyut jantung kita meningkat pada jumlah yang sama.Kabar baiknya adalah bahwa tertawa selama 15 menit dapat membakar kalori antara 10-40%! Namun tertawa tterus terang tak dapat menggantikan olah raga atau aktivitas fisik lainnya, jika ingin badan tetap sehat dan penurunan berat badan cepat tercapai. Tapi tak diragukan lagi pesan para peneliti yang mengatakan,"Jumlah (15 menit per hari) pengeluaran energi dalam 1 tahun tanpa perubahan komponen keseimbangan energi lainnya dapat diterjemahkan dengan penurunan berat badan 1-4 pon per tahun. Sekali lagi dengan catatan jika komponen lain dari kesimbangan energi tetap tak berubah."Jadi sekarang kita punya bukti ilmiah bahwa tertawa bagus untuk bentuk tubuh. Kita punya banyak alasan untuk menghabiskan waktu bersama sahabat dan teman-teman untuk tertawa bersama.

Tahukah Anda, pertemanan membuat kita panjang umur? Sejumlah studi menunjukkan bahwa orang yang kurang atau tak memiliki teman dan mengisolasi diri dari orang lain lebih pendek umurnya dibanding orang yang punya banyak teman yang bisa dipercaya dan tempat berbagi. Namun nyatanya seiring pertambahan usia, jumlah teman juga makin mengerucut dan sedikit dibanding saat kita bersekolah dulu. Pada Juni 2006, USA Today melaporkan bahwa 25% dari warga Amerika tak punya orang dekat yang bisa dipercaya. Tampaknya rutinitas padat dan segala yang serba cepat membatasi gerak kita untuk menjalin pertemanan karena saat melirik agenda 'to do list' pekerjaan terasa tidak pernah selesai.
Upaya serius menjalin pertemanan dan berjumpa dengan mereka secara teratur sangat penting. Apakah itu makan-makan tiap akhir bulan atau hang out di kafe di akhir pekan atau menggelar acara 'ladies night' kita harus menginvestasikan waktu untuk itu. Teman membuat kita lepas dari stres karena ada tempat untuk berbagi, suka atau duka.
Nah, berteman dan tertawalah!
NB : bwt wuLan jangan terLalu banyak ketawa, apaLagi berswara keras seLain dimarahin sama si bapa, ntar tambah kurus!!!

Post a Comment

Home

IRWUD
All designs, script and code are developed by Agung Kriswantoro
Powered by Blogger